Kamis, 23 Juni 2016

Tong Sampah Fiber Untuk Program Lingkungan Hidup CSR

Pengadaan Tong Sampah Fiber Untuk Program CSR Perusahaan 

Pernahkah Anda mendengar adanya program CRS yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan swasta? Jika Anda  senang membaca berita tentu pernah membaca mengenai program ini. Program CSR (Program Corporate Social Reponsibility) adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan-perusahaan swasta terhadap lingkungan sekitar. CSR hal yang wajib dilakukan karena perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk membantu pengembangan lingkungan sekitar dalam bentuk program-program sosial. CSR umumnya dilakukan dalam bentuk pendidikan ataupun pelestarian lingkungan hidup. Namun, perusahaan swasta nasional memang kebanyakan lebih memilih program CSR di bidang lingkungan hidup dengan membantu pengadaan tong sampah fiber di suatu wilayah. CSR ini menjadi salah satu bentuk promosi dengan tujuannya adalah untuk peningkatan citra di mata publik. Untuk melakukan program CSR ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

tong sampah fiber
Program CSR Tong Sampah Fiber Kampus Di Bandung 

 Syarat-Syarat Pengadaan Tong Sampah Fiber Dalam CSR 

1.     Pengetahuan
Syarat yang pertama adalah adanya pengetahuan. Perusahaan yang berencana menjalankan program CSR harus memiliki pengetahuan mengenai hal apa yang memang paling dibutuhkan oleh  target untuk perkembangan wilayahnya. Jika memang perusahaan berencana menjalankan program CSR dalam bentuk pengadaan tong sampah fiber, maka perusahaan harus melakukan survey terlebih dahulu mengenai lingkungan sekitar perusahaan. Survey dilakukan terhadap lingkungan yang memang kumuh atau kotor baik karena tidak ada tempat sampah yang memadai maupun kurangnya pengetahuan lingkungan. Survey ini juga berfungsi untuk memperkirakan jumlah tong sampah fiber yang memang dibutuhkan di wilayah tersebut beserta posisi-posisi terbaik untuk meletakkannya.

2.     Izin
Syarat yang kedua adalah didapatkannya izin dari tokoh dan komunitas setempat. Perusahaan harus menjalin hubungan yang baik dengan tokoh yang disegani seperti ketua RT, ketua RW, dll dan komunitas setempat seperti ibu-ibu PKK, karang taruna, kumpulan pemuda, dan lain sebaginya. Selain agar program CSR berbentuk pengadaan tong sampah fiber ini dapat diterima dan diberikan izin oleh semua pihak, hal ini juga penting untuk membuat semua pihak setempat mau ikut terlibat untuk program CSR ini. Tanpa adanya keterlibatan pihak setempat, program CSR tidak akan memberikan makna lebih demi kemajuan lingkungan setempat. Misalnya, selain pengadaan tong sampah fiber, perusahaan juga memberikan penyuluhan cara pembuatan pupus kompos atau daur ulang sampah dan melibatkan warga setempat sehingga tetap berguna ke depannya.

3.     Komitmen
Syarat yang ketiga adalah komitmen dari semua pemangku kepentingan. Perusahaan tersebut harus membangun komitmen dengan pihak setempat mengenai pengadaan tong sampah fiber. Pembangunan komitmen umumnya dilakukan dengan cara berdiskusi langsung di aula atau tempat kumpul warga. Cara lainnya adalah dengan mengunjungi satu persatu pemangku kepentingan untuk membahas program CSR pengadaan tong sampah fiber ini.

Manfaat Program CSR Tong Sampah Fiber


Program CSR ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak baik masyarakat maupun perusahaan swasta. Manfaat yang didapatkan masyarakat dari pengadaan tong sampah fiber ini adalah kebersihan lingkungan, terjaganya kesehatan warga, uang tambahan dari kompos atau produk daur ulang, dan sebagainya. Sementara manfaat yang didapatkan oleh perusahaan dari pengadaan tong sampah fiber adalah peningkatan loyalitas konsumen, hubungan yang lebih baik dengan stakeholder, keleluasaan berjalanannya bisnis, dan banyak lainnya.


Ternyata program CSR memang memiliki banyak manfaat untuk semua pihak. Syaratnya juga terbilang mudah. Jadi, bagi Anda yang memang berencana melakukan CSR berbentuk pengadaan tempat sampah bisa membeli tong sampah fiber dari perusahaan yang tepercaya yaitu PT. Ramdhani Jaya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Bpk. Kamsah Kertapernata - 0812 3151 1935 (WhatsApp). Anda dapat mengunjungi halaman website berikut ini http://www.ramdhanijaya.com/news/tong-sampah-fiber-harga-jual

Tidak ada komentar: