Kamis, 07 April 2016

Tangki Fiber Penampungan Air Untuk Apartment Gedung Bertingkat Industri



Pemeliharaan untuk Tangki Fiber di Apartment dan Gedung Bertingkat

 

Untuk menampung air yang dibutuhkan terutama pada bangunan sepeti apartemen dan gedung bertingkat biasanya menggunakan tangki khusus untuk menampung air. Jenis tangki yang digunakan biasanya adalah tangki fiber yang diletakkan di bagian atap gedung, di atas tanah, maupun di lantai bawah tanah. Meskipun berbeda-beda penempatannya, jenis tangki ini harus tetap diberi pemeliharaan. Pemeliharaan yang dilakukan bisa menggunakan tenaga profesional yang sudah bisa ditemukan di banyak tempat. Namun, jika tangki fiber hanya ada 1 atau dua buah dan ukurannya tidak terlalu besar, maka cukup dilakukan pemeliharaan sendiri, tentunya dengan cara yang tepat dan aman. 

Pemasangan Tangki Fiber Panel Modular di atas Gedung

Beberapa Cara Pemeliharaan Tangki Fiber Apartemen dan Gedung Bertingkat

Tangki fiber bisanya diletakkan di luar ruangan, meskipun ada juga yang meletakkannya di dalam ruangan seperti di lantai underground. Namun, pada dasarnya pemeliharaan yang dilakukan sama. Pemeliharaan dilakukan karena meskipun bahan tangki fiber termasuk bahan yang kuat, tetap ada resiko dan kerusakan yang dapat terjadi. Misalkan pada tangki yang diletakkan di luar ruangan, maka akan terpapar sinar matahari dan hujan. Jika ada perubahan suhu ekstrem yang terjadi maka tangki bagian luarnya dapat terkelupas dan menyebabkan kebocoran. Sedangkan tangki bagian dalam yang terkena panas dari luar bahan kimia yang melapisi tangki dapat larut dalam air. Selain itu, jika tangki tidak pernah dibersihkan maka kemungkinan adanya lumut akan semakin tinggi terutama di bagian dalam tangki. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk memelihara tangki fiber di apartemen dan gedung bertingkat.

1.     Pengurasan secara berkala
Menguras tangki secara berkala diperlukan untuk mencegah kualitas air memburuk. Setiap kali air diisikan ke dalam tangki, kotoran dalam air akan mengendap, sebersih apapun air yang digunakan. Kotoran ini akan terus menumpuk di dasar tangki fiber dan lama kelamaan jika terlalu banyak, akan terbawa ke sistem distribusi. Maka diperlukan pengurasan untuk menghilangkan endapan di dasar tangki dan mengecek apakah ada lumut yang tumbuh di bagian dalam tangki. Pengurasan ini lebih baik dilakukan sejak tangki masih baru, karena pencegahan akan lebih mudah dilakukan apabila tangki fiber masih dalam keadaan bebas lumut. Untuk pemeliharaan awal ini lebih baik menggunakan air biasa.

2.     Pembersihan menggunakan zat kimia
Jika sudah ada lumut atau kotoran yang menempel pada tangki fiber yang digunakan di apartemen atau gedung bertingkat, maka lebih baik dibersihkan menggunakan bahan kimia khusus. Bahan kimia ini biasanya memiliki formula khusus untuk membunuh mikroorganisme seperti lumut yang tumbuh di dinding tangki. Jika lumut dibersihkan dengan air biasa memang akan hilang, namun sayang sifatnya hanya sementara. Karena akar dari lumut atau kotoran tersebut tidak tercabut atau mati, maka diperlukan bahan kimia yang dapat membasmi akar dari lumut dan kotoran tersebut. Setelah memakai bahan kimia, maka pastikan tangki sudah tidak berbau dan tidak ada bahan kimia yang tersisa, karena jika masih ada bahan kimia yang tercampur dalam air yang akan diisikan ke dalam tangki maka akan sangat berbahaya karena bahan kimia yang aman sekalipun akan mempunyai sifat racun atau toksik.

Pemeliharaan tangki fiber secara berkala seperti pengurasan memang bisa dilakukan sendiri, namun untuk pemeliharaan menggunakan bahan kimia lebih baik memakai jasa profesional. Jika ingin tangki fiber apartemen dan gedung bertingkat yang digunakan tetap bersih maka lebih baik melakukan pemeliharaan sejak awal pemasangan. 

Produsen Tangki Fiber Bandung

Demikian informasi yang dapat disampaikan perihal pemeliharaan tangki fiber untuk di daerah gedung bertingkat dan apartment, bilamana anda membutuhkan atau sedang mencari penjual / produsen tangki fiber di bandung, anda dapat menghubungi PT Energi Putra Bangsa. Berikut ini contact point dengan bapak Usep Arifin 0813 2194 3199, silahkan tambahkan kontak tersebut ke dalam handphone android anda lalu hubungi melalui aplikasi WhatsApp. Anda pun dapat mengunjungi alamat website berikut ini guna mendapatkan informasi tambahan lainnya http://energiputrabangsa.co.id/produk/tangki-fiberglass-stainless/

Tidak ada komentar: