Rabu, 03 Februari 2016

Cara Membuat Perahu Fiberglass Sebagai Pengganti Perahu Kayu

Cara Membuat Perahu Fiberglass Sebagai Pengganti Perahu Kayu

Pada umumnya, para nelayan yang mencari nafkah di laut dengan cara memancing ikan akan menggunakan perahu kayu sebagai penunjangnya. Namun, sekarang para nelayan bisa menggunakan perahu yang berbahan dasar Fiberglass. Fiberglass ini dilansir memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan kayu, oleh karena itu perahu jenis ini kian diminati oleh para nelayan. Pada kesempatan ini, artikel ini akan membahas mengenai cara pembuatan perahu fiberglass sebagai ganti perahu kayu.

Proses Pembuatan Perahu Fiberglass

Sebelum membahas proses pembuatan perahu fiberglass, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat- alat yang dibutuhkan adalah kuas Roll dan kuas biasa; Mesin Mixer; Mesin Bor dan Ampelas; Mesin Gerinda dan perkakas kayu. Adapun bahan-bahannya ialah minyak resin; katalis; talk; mat/mesh; Roving; Kayu dan triplek glossi; Cat Plinkot; dan dinamo listrik, mesin penggerak kipas; alat nafigasi dan komunikasi (optional).
  1.          Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat wadah cetaknya berupa lambung kapal dengan kayu dan triplek, sebaiknya proses ini dikerjakan di dekat laut. Lalu, setelah mold (cetakan) selesai, permukaan dalam dari cetakan dilumasi dengan polish guna mempermudah pembukaan mold setelah perahu selesai, lalu cat dengan cat plincoat yang dihasilkan dari campuran talk, car akrilik dan minyak resin. Setelah cat kering, amplaslah menggunakan gerinda.
  2.       Langkah kedua dalam pembuatan perahu fiberglass adalah pembuatan lambung, balut lapisan pertama dengan balutan mat/mesh (serat halus) dan kemudian dengan roving (serat kasar), dibalut dengan mat lagi. Semua lapisan itu cat dengan campuran minyak resin dan katalis menggunakan kuas. Setelah itu, lambung kapal diberi ruang-ruang fiber untuk tangki bahan bakar, ruangan mesin dan untuk tangki air bersih. Selanjutnya, buat aksesoris untuk diluar badan kapal seperti jendela, pintu,tangga, dll. Tahap terakhir adalah pengecatan, pemasangan mesin dan aksesoris lainnya.

Proses pembuatan perahu fiberglass tidaklah mudah, untuk itu perlu ketelitian dan kesabaran serta kerjasama yang bagus demi hasil yang memuaskan. Ada baiknya proses pengerjaan ini dilakukan langsung di pinggir pantai atau sungai besar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jika rekan-rekan sekalian membutuhkan jasa fabrikasi perahu fiberglass silahkan klik website berikut ini atau kontak PT Energi Putra Bangsa 0813-2194-3199 (WA) http://energiputrabangsa.co.id/produk/perahu-fiber-harga-jual-dan-proses-pembuatan-kapal-fiber

Tidak ada komentar: